ads

10 Kebiasaan yang Dapat Merusak Otak

Otak merupakan pusat sistem saraf dan bagian yang sangat penting bagi tubuh. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, keseimbangan cairan tubuh, suhu tubuh dan tekanan darah. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi,
ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Apa jadinya jika fungsi otak kita terganggu atau rusak, tentu akan menggangu organ-organ tubuh lainnya, berikut ini 10 kebiasaan yang dapat merusak otak kita.
  1. Tidak sarapan pagi, bagi orang yang tidak sarapan pagi akan mengakibatkan kadar gula darah menjadi rendah, hal ini menyebabkan kekurangan pasokan nutrisi ke otak yang menyebabkan degenerasi otak.
  2. Beraksi Berlebihan atau kaget pada suatu hal, Hal ini menyebabkan pengerasan pembuluh otak.
  3. Merokok, merokok menyebabkan penyusutan otak dan dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.
  4. Konsumsi gula terlalu tinggi, terlalu banyak konsumsi gula juga tidak baik, hal ini mengganggu penyerapan protein dan gizi, gizi yang buruk akan mengganggu perkembangan otak.
  5. Polusi Udara, Otak merupakan organ tubuh yang paling banyak menyerap oksigen dibandingan bagian tubuh kita yang lain. Menghirup udara yang terpolusi akan menurunkan pasokan oksigen ke otak, yang menyebabkan penurunan efisiensi otak.
  6. Kurang cukup tidur, Pada saat kita tidur, otak kita beristirahat. tidur yang tidak cukup akan mempercepat kematian sel-sel otak.
  7. Menutup kepala saat tidur, Tidur dengan kepala yang ditutupi, meningkatkan konsentrasi karbon dioksida dan menurunkan konsentrasi oksigen yang dapat menyebabkan efek merusak otak.
  8. Membuat otak berpikir keras atau berkerja keras saat Anda sakit, hal ini akan menyebabkan penurunan efektifitas otak serta kerusakan otak.
  9. Jarang berbicara, percakapan yang sering dan berbau intelektual akan mendorong efisiensi otak.
  10. Kurang mengstimulasi pikiran, berpikir adalah cara terbaik untuk melatih otak kita, kurangnya stimulasi pikiran dapat menyebabkan penyusutan otak.
Beberapa kebiasaan-kebiasaan ini sering kita lakukan, ada baiknya kita hindari, untuk menjaga kesehatan otak kita.


Artikel Terkait:

0 komentar: