ads

judul film terinspirasi oleh tendangan bechkam

Salah satu ciri khas David Beckham dalam kariernya sebagai pesepak bola adalah tendangan bebasnya yang akurat dan kemampuannya melengkungkan bola melewati pagar betis lawan. Ciri khas Beckham itu pun akhirnya merambah ke budaya pop, yaitu film produksi Inggris berjudul Bend it Like Beckham.
Film bergenre drama komedi ini mengambil judul demikian berbekal inspirasi tendangan bebas khas mantan pemain nasional Inggris tersebut.

Bend it Like Beckham sendiri bercerita tentang Jesminder Bhamra alias Jess, gadis India yang besar di sebuah daerah di Inggris dan menggemari sepak bola. Namun, kultur keluarganya serta persoalan jenis kelamin menghalangi Jess untuk menekuni olahraga tersebut. Ia pun bersahabat dengan Juliette Paxton alias Jules, gadis Inggris tulen, dan bersama-sama membela sebuah klub sepak bola perempuan di daerah tempat mereka tinggal.
Dalam babak final sebuah kejuaraan, Jess pun memiliki kesempatan mengambil tendangan bebas seperti yang dilakukan Beckham dan berjasa memenangkan timnya, serta mendapat kesempatan mendapat beasiswa sekolah sepak bola. Film Bend it Like Beckham ini pun mendapat banyak pujian dari kritikus, terutama atas tema mengenai mendobrak kultur dan stereotip. Namun begitu, Beckham sendiri tak tampil dalam film tersebut.

Beckham baru tampil sebagai cameo (bintang tamu yang memerankan diri sendiri dalam sebuah film, biasanya hanya muncul sepintas) dalam film Goal II: Living the Dream, sekuel film Goal yang dirilis tahun 2007. Dalam film ini, tokoh utama Santiago Munez baru saja ditransfer ke Real Madrid dan mendapat kesempatan bermain bersama sejumlah pemain bintang Los Galacticos seperti Ronaldo, Sergio Ramos, Zinedine Zidane, Roberto Carlos, dan Beckham sendiri. Film ini ditutup dengan adegan Real Madrid bermain di final Liga Champions melawan Arsenal, dengan memastikan gelar melalui tendangan bebas khas Beckham setelah sebelumnya tertinggal 0-2.
Kedua film tersebut bisa jadi adalah satu di antara banyak lagi pengakuan dunia terhadap sosok David Beckham sebagai salah satu sepak bola terbesar yang pernah dimiliki dunia. Banyak hal akan membuat semua orang terkenang kepadanya, entah itu saat ia meraih treble bersama Manchester United, kartu merahnya di Piala Dunia 1998 saat menendang Diego Simeone, gaya rambutnya yang menjadi panutan banyak lelaki, atau status pasangan selebriti yang disandangnya bersama sang istri Victoria.  Namun, yang jelas, tendangan bebas khasnya akan selalu jadi salah satu pengingat akan sosok David Beckham.




sumber kompas

Artikel Terkait:

0 komentar: